Codeigniter pindah rumah ke BCIT

Eh, ada yang punya rumah baru, gaess. Sang Kode Pencerah (bukan judul filem) alias Codeigniter, sekarang telah berganti kepemilikan dan menempati rumah barunya. Eitss.. siapa si ndoro-nya atau pemilik Codeigniter yang baru..? The British Columbia Institute of Technology, yang berbasis di Vancouver, Kanada (Yogyakarta sebelah barat, ahahaha), adalah sekarang pemilik sah dan meyakinkan framework PHP Codeigniter tersebut. 




Setelah dilakukan pemilihan pemilik baru melalui proses yang sangat terstruktur, sistematif, masif, posesif, kompetitif dan berjalan dengan kondusif, pemilik awal Codeigniter, Ellislab, akhirnya memutuskan menjatuhkan pilihan The British Columbia Institute of Technology (yang pada kesempatan ini saya sebut BCIT), sebagai pemilik selanjutnya, dan meneruskan pengembangan dari framework Codeigniter ini. Terpilihnya BCIT ini tidak lepas dari dukungan dan kapabilitas BCIT sebagai sebuah kampus yang memiliki jumlah mahasiswa sebanyak 48.000 mahasiswa terdaftar, dan program setiap tahunya sekitar 350. Saya juga kurang begitu ngerti angka-angka yang dilansir di situs Ellislab-nya, kok rada janggal, yang jelas kalau benar segitu, pastinya sama dengan jumlah mahasiswa di kampus saya STMIK El Rahma, Yogyakarta,  tentunya 500 tahun kedepan. Ahaha.. Selain itu fasilitas-fasilitas pendukung untuk pengembangan projec Codeigniter di kampus ini, sangatlah mumpuni. 

Sedikit mengulang kembali kenangan saya dengan Codeigniter ini. Pertama kali kenalan sekitar tahun 2012 yang lalu saat mata kuliah Web Dinamis Lanjut. Awalnya saya kurang begitu tertarik dengan pemprograman model-model framework ini. Lebih suka yang PHP murni gitu. Maklum, kalau belum kenal, ya males buat belajarnya, apalagi istilah-istilah konsepnya yang asing, seperti controller, view, dan model. Namun, beberapa teman dan dosen-dosen di kampus kok berkata bahwa dengan menggunakan PHP framework yaitu Codeigniter, pekerjaan mengetik kode jauh lebih mudah dan cepat. Berbekal rasa penasaran tersebut, saya secing-secing di google tentang framework tersebut, dan ketemu dengan situs Mediatutorial.web.id. Di situ ada video tutorialnya, dan berbekal video tutorial tersebut saya belajar sedikit demi sedikit Codeigniter tersebut. Lama-kelamaan kok ternyata keenakan dengan framework tersebut. Filosofi ringan dan mudah dipelajari dari Codeigniter, ada benar-benar terbukti, oleh saya yang sangat newbie hanya modal keterampilan sedikit dasar-dasar pemrograman PHP. Alhamdulillah, sampai sekarang, masih bertahan dengan framework ini, walaupun gempuran-gempuran framework PHP baru seperti Laravel, Yii, Symphony dll yang sangat masif. Project pertama kali menggunakan Codeigniter adalah website SD sederhana dengan Codeigniter dan Twitter bootstrap, yang saya posting di blog ini dan bisa didownload di postingan ini. Selanjutnya, sebagai freelance perwebsite'an saya sepenuhnya mengandalkan Codeigniter ini. Terima kasih Codeigniter.

Sekarang, laman resmi Codeigniter telah berganti di alamat http://www.codeigniter.com/. Halaman github-nya yang mau nge-git, pun sekarang dipindakan ke alamat https://github.com/bcit-ci/CodeIgniter. Adapun versi terakhir dari Codeigniter yang dikembangkan oleh Ellislab adalah versi 2.2.0. Sedangkan versi yang akan dikembangkan oleh BCIT nantinya akan mempergunakan versi 3.x.x. Semoga, dengan berpindahnya kepemilikan ini, Codeigniter dapat berkembang lebih pesat, menyesuaikan dengan framework-framework lainnya dan tentunya tetap GRATISSSS, lisensinya.. Ahahaha..


*) PROMOSI JASA 
Jangan lupa klo membutuhkan website profil, website sekolah, sistem informasi, yang ada hubungannya dengan website, hubungi ane saja, gan. Respon cepat hubungi via Whatsapp : 085292747190. 

Comments

Popular posts from this blog

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client