Skripsi Sistem Informasi Geografis Kabupaten Kulon Progo berbasis web dengan p-Mapper

Assalamualaikum warah matullohi wabarakatuh. Selamat pagi, gan. Asegh... asegh... 

Melanjutkan rutinitas meng-orek-orek blog ini, pada bulan Mei ini, saya akan menuliskan seputar sekripsi saya. Yak, setahun yang lalu, pada bulan-bulan ini ane sedang clash bertempur sangat dahsyat dengan yang namanya program sekripsi.Sekripsi saya yang berjudul Sistem Informasi Geografis Profil Kabupaten Kulon Progo berbasis web, alhamdulillah telah mengantarkan saya menyelesaikan pendidikan saya di STMIK El Rahma, pada tanggal 4 Juli 2013 jam 13.00. Ane sangat ingat sekali waktu ini, saat itu kondisi badan juga tidak mendukung karena sedang dijalari penyakit flu. Sementara 1 hari sesudahnya merupakan tanggal 1 Ramadhan, awal mula puasa 1433 H. 

Beberapa temen-temen bawah tingkat di Teknik Informatika STMIK El Rahma, banyak yang berdiskusi seputar sistem informasi geografis ini. Ini yang mengingatkan saya kembali untuk menuliskan tema skripsi di posting blog ini. Pada saat itu, menurut pengamatan ane di perpustakaan kampus, belum ada referensi baik naskah skripsi ataupun buku yang membahas seputar sistem informasi geografis ini. Mau tidak mau, harus cari referensi tentang sistem informasi geografis ini di luar kampus. Cari-cari buku di toko buku online, ane menemukan bukunya pak Edy Prahasta, yang membahas tentang Sistem Informasi Geografis berbasis web dengan MapServer. Lumayan membantu ane, dalam memahami konsep-konsep dasar sistem informasi geografis berbasis web ini. Oh, iya, sedikit cerita, harga buku ini di toko buku online, 75.000 rupiah, kemudian ane cari di Shopping Center (pusat jual beli buku di Jogja) ane dapatkan dengan harga 65.000 rupiah, sudah lengkap dengan CD-nya.

Selain buku tersebut, cari-cari referensi juga di beberapa e-librari kampus-kampus terkenal, dan beberapa memberikan download full naskah sekripsi (UIN Malang, dan UIN Jakarta kalo gak salah). Lumayan juga buat menambah daftar contekan bab 1 sampai bab 4. Skripsi mereka setingkat lebih maju, karena tidak hanya sistem informasi geografis yang menampilkan peta-peta dan atributnya, namun juga sudah dilengkapi dengan pencarian rute terpendek, yang jika ane bayangkan, sampai gak terbayang-bayang. 

Dalam skripsi ini, peta yang digunakan adalah dengan melalui proses digitasi peta dari awal, mengambil peta asli, dalam hal ini saya menggunakan peta Kabupaten Kulon Progo, kemudian discan, dan dimasukkan ke komputer, untuk dicontek garis-garis batas-batas area-nya, garis ruas jalan, garis sungai, lokasi sekolah, pasar, puskesmas dan lain-lain. Sebuah pengalaman baru bagi ane, karena tidak ada satupun dari 144 SKS di kampus ane yang membahas tentang dasar-dasar sistem informasi geografis, bagaimana langkah awalnya, bagaimana menggambar peta dan menampilkannya. Memang beberapa teman yang mengambil judul sama dengan ane, tapi mereka untuk peta, menggunakan peta dari Google Map. Ane mencoba untuk tantangan baru, yaitu dengan membuat/mendigitasi peta sendiri.

Penampakan skripsi ane, gan.. haha
Bagian kedua dari tulisan ini, akan membahas lebih lanjut tentang bahan-bahan dan software-software yang perlu dipersiapkan dalam membuat website sistem informasi geografis ini

Wassalamuaalaikum, permisi..


Comments

Popular posts from this blog

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client