Skripsi SIG 2 : mempersiapkan software-software pendukung SIG

Selamat pagi, pemiarsa. Menyempatkan diri lagi, melanjutkan tutorial tentang pembuatan skripsi sistem informasi geografi, pada bagian yang kedua ini, saya akan membahas tentang bahan-bahan serta software-software yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan sistem informasi geografis. Langsung saja, berikut ini bahan-bahan serta software-software yang diperlukan dalam pembuatan sistem informasi geografis.

1. Quantum GIS 

Loading screen Quantum GIS

Quantum GIS merupakan software map editor. Istilah ilmiahnya adalah software untuk men-digitasi peta. Artinya software ini digunakan untuk menggambar, mengedit, menambahkan properti dari peta yang sedang kita kerjakan. QGIS merupakan proyek tidak resmi dari Open Source Geospatial Foundation (OSGeo). Latar belakang saya memilih software ini adalah :

  • Gratis, sehingga insha Alloh, sekripsi kita berkah, karena tidak menggunakan software illegal. Bayangkan, jika harus memakai software sejenis lainnya semisal ArcGIS, yang berbayar itu, maka mau tidak mau harus nge-rental di tempat rental dvd program yang rata-rata bajakan.
  • Ukuran file master software sangat kecil, jika dibandingkan dengan software lainnya. Bahkan jika didownload, malem hari sehabis isya, insha Alloh, 1 jam sudah completed. Secara ukuran file master softwarenya sekitar 130 MB-an (yang versi 1.8.0, Quantum GIS Lisboa). Dulu, saat merencanakan mengambil judul sekripsi GIS ini, membaca di beberapa tutorial, direkomendasikan dengan ArcGIS, namun ternyata file masternya adalah 2 buah DVD, atau sekitar 4GB. Gimana silakan dipilih...
  •  Penggunaan mudah. Nah ini, memang belum bisa dibuktikan kalau belum dicoba. Ini saya menambahkan ini, karena berdasarkan pengalaman saya menggunakan, terbilang mudah.
Untuk dapat mendownload software ini, dapat Anda download di website  : http://qgis.org/id/site/forusers/download.html. Pada saat tulisan ini dibuat, adalah versi 2.4 dengan code name Chugiak. Sedangkan pada sekripsi ini, saya masih menggunakan versi 1.8.0, code name Lisboa. Setelah didownload, Anda dapat menginstallnya yang sangat mudah karena tidak ada setting-setting tambahan, dan saya pikir anak TI yang mau sekripsi sudah bisa menginstallnya dengan beres.. (huakakaka). Pada blog ini saya tidak akan menjelaskan detil, teknik dasar penggunaan Quantum GIS, namun Anda bisa mengunjungi web milik Badan Perencanaan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang didalamnya ternyata ada tutorial Quantum GIS yang sangat lengkap, di URL : http://bappeda.ntbprov.go.id/data-dan-informasi/edukasi/module-quantum-gis-dasar/

2. Postgree SQL 

Sebagai sekripsi anak TI, biasanya harus menyertakan database. Nah, di sistem informasi geografis ini, peran database juga sangat penting sekali, karena data peta yang akan ditampilkan dalam web browser, 100 persen mengambil dari database. Mengapa menggunakan Postgree SQL..? Bukan MySQL atau yang lainnya..? Karena di PostgreeSQL sudah mendukung tipe data geometri atau tipe data untuk peta. Software ini juga free. PostgreeSQL dapat Anda download di URL : http://www.postgresql.org/download/. Jika kesulitan, bisa langsung merujuk pada dokumentasinya di : http://www.postgresql.org/docs/. Pada saat tulisan ini dibuat, versi yang dirilis adalah versi 9.3.5. Sedangkan pada saat sekripsi saya menggunakan versi 9.0.1. Oh, iya, untuk mengelola database Postgre SQL ini, saat menginstall sudah ter-include PgAdmin, sehingga akan tidak perlu menambah software pengelola database. Jika di MySQL pgAdmin adalah phpMyAdmin-nya.

3. Post GIS

Jika Anda memakai Mozilla atau Chrome biasanya agar lebih bisa melakukan kemampuan lain diluar kemampuannya, maka diperlukan add-ins atau ekstension. Nah, agar Postgree SQL di atas dapat bekerja dengan kemampuan lain khususnya di bidang sistem informasi geografis ini, Anda dapat menambahkan add-ins Post GIS ini. Add-ins ini berisi fungsi-fungsi yang dapat Anda gunakan dalam rangka memudahkan penggunaan database Postgree SQL dalam pembuatan GIS. Agar lebih mudah dalam penginstallan, ada dapat menggunakan langkah-langkah di bawah ini : 
  • Start > Program > PostgreSQL > Application Stack Builder. Jika ada peringatan, klik "Yes"
  • Pada select box, pilihlah PostgreSQL yang telah terinstal. Biasanya tertulis "PostgreSQL X.X on port 5432", klik Next, Postgree akan mendownload daftar aplikasi yang tersedia (HARUS konek internet)
  • Setelah list muncul, pilih teks "Spatial Extensions", akan muncul piliha di bawahnya "PostGIS X.X for PostgreSQL X.X (XX bit) vX.X.X, dimana X menunjukkan versinya. Jika menampilkan banyak list, pilih yang versi PostGIS X.X terbaru, atau yang paling gede X.X-nya. Klik Next
  • Muncul konfirmasi, klik Next
  • Software akan otomatis mendownload PostGIS yang dipilih, tunggu sampe selesai (HARUS tetap konek internet), tunggu sampai muncul "All the installation files have now been successfully downloaded", kemudian klik "Next"
  • Muncul license agreement, klik I Agree, centang pada pilihan PostGIS dan Create spatial database, Next, Next
  • Masukkan username dan password PostgreSQL, Next
  • Muncul isian nama database spasial sampel, biarkan saja, kemudian klik Install
  • Tunggu proses sampe selesain, kemudian klik finish

Ekstensi PostGIS Anda telah siap digunakan

4. MapServer for Windows (MS4W)

Nah, ini juga sangat penting. Karena judulnya berbasis web, maka semua-semua yang di atas tersebut, maka jika tanpa MS4W ini, akan bukan berjudul "Sistem Informasi Geografis berbasis WEB". Jika kalau membuat web menggunakan XAMPP/WAMP, di web SIG, maka MS4W adalah XAMPP-nya. Atau dengan kata lain MS4W adalah web-server khusus untuk website Sistem Informasi Geografis. Bunddling aplikasi MS4W terdiri dari :
  • Apache HTTP Server version 2.2.22
  • PHP version 5.4.3
  • MapServer CGI 6.0.3
  • MapScript 6.0.3 (CSharp, Java, PHP, Python)
  • Includes support for Oracle 11g, and SDE data (if you have associated client/dlls)
  • MrSID support built-in
  • GDAL/OGR 1.9.1 and Utilities
  • MapServer Utilities
  • PROJ Utilities
  • Shapelib Utilities
  • Shp2tile Utility
  • Shpdiff Utility
  • AVCE00 Utilities
  • OGR/PHP Extension 1.0.0
  • OWTChart 1.2.0
Versi paling baru adalah 3.0.6, yg dirilis pada 26 Mei 2012. Artinya sampai sekarang belum ada release terbaru. Untuk downloadnya di url : http://www.maptools.org/ms4w/index.phtml?page=downloads.html. Pilih yang zip Archive, ukuran 49 MB. 


5. pMapper


pMapper merupakan web framework untuk menampilkan GIS di web browser. Fungsinya sama seperti Codeigniter, Symphony, YII framework, pada web-web konvensional. Di beberapa tutorial-tutorial sistem informasi geografis, mungkin sering beberapa web gis disajikan dengan bantuan Chameleon, dll. Namun ternyata, itu kurang begitu interaktif menurut saya. Kemudian menelusuri beberapa referensi, akhirnya saya menemukan pMapper ini yang lebih interaktif dengan kesan tampilan modern. Website resmi pMapper beserta dokumentasinya di alamat url http://www.pmapper.net/. Untuk mendownload, kunjungi halaman sourceforge-nya di http://sourceforge.net/projects/pmapper/files/. Versi terbarunya adalah versi 4, yang dirilis pada 3 Januari 2014.

6. Notepad ++

Tahu sendiri kan, tidak perlu saya jelaskan panjang lebar mengenai fungsi software ini, karena 9 dari 10 mahasiswa TI tahu dan sudah menggunakan software ini.. ahaha..

7. Gambar peta (softcopy gambar peta asli)

Gambar peta ini nantinya digunakan dalam mendigitasi peta dari file  gambar peta melalui Quantum GIS. Gambar peta dapat Anda dapatkan dengan cara :

  • Men-scanning peta asli (kertas, dari atlas atau dokumen peta) kemudian dihasilkan file dalam bentuk JPEG. Nah file JPEG inilah yang akan kita masukkan ke Quantum GIS, untuk digitasi petanya. Sedikit pengalaman saya, mencari peta Kabupaten Kulonprogo, saya harus datang ke kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Kulonprogo, minjem peta untuk discan.
  • Mencari file peta di google. Kalau misalnya peta kabupaten atau daerah tertentu bisa kunjungi website resmi kabupaten tersebut, cari informasi tentang peta kabupaten tersebut, biasanya juga ada. Ada juga blog yang menyediakan peta-peta kabupaten-kabupaten di Indonesia di alamat  http://indonesia-peta.blogspot.com/.

8. Data properti peta

Data properti peta, artinya data teks yang berisi informasi mengenai peta yang ditampilkan. Ini perlu, masak yang ditampilin di web cuma peta tok, garing. Perlu informasi tambahan misalnya, jumlah penduduk, potensi wisata, potensi pertanian, dan lain-lain. Untuk ini, Anda perlu piknik ke Badan Pusat Statistik yang ada di setiap kabupaten Anda, hehe..

Sekiranya 8 bahan-bahan dan software-software yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan sistem informasi geografis berbasis web. Tutorial akan berlanjut di bagian ketiga. Tunggu update-an selanjutnya. 



Oh, hiya... Jangan lupa klo membutuhkan WEBSITE PROFIL, WEBSITE SEKOLAH, SISTEM INFORMASI atau APLIKASI LAIN YANG BERBASIS WEB, hubungi ane saja, gan. Hubungi saja lewat YM di samping, atau untuk respon cepat tanggap (kayak PMI) hubungi 0856 4343 7024, SMS OK, telpon OK...

Comments

Popular posts from this blog

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client