E-KTP (ternyata) sudah kelihatan manfaatnya...

Hari ini, Jum'at 6 Maret 2014. Ya, hari Jum'at. Awal bulan lagi, bulan Maret, bulan yang sangat bersejarah bagi hidup ane. Ya, tepat tanggal 17 Maret 1990 ane lahir di dunia ini, dalam keadaan sehat sentosa. Walaupun di data-data saya selalu memasukkan tanggal 26 Maret 1990. Tahulah, kenapa. Kata bapak mamak saya, itu dulu karena, bapak mamak saya baru bisa membuatkan/memperoleh akte kelahiran saya pada tanggal 26 Maret 1990. Jadi saya di akta kelahiran dianggap lahir di Kulon Progo, tanggal 26 Maret 1990. Gak kebayang, bagaimana teman-teman seangkatan saya pada saat itu di Kulon Progo, yang mendapatkan akta kelahirannya lebih dari lama dari saya. Bisa tambah lebih muda, gitu. Sampai di KTP terbaru saya yang telah tercatat di database kependudukan Kementerian Dalam Negeri di sono,  tanggal lahirnya Kulon Progo, 26 Maret 1990. Lumayan, "ngenomi" 9 hari.

Ngomong-ngomong soal E-KTP, baru saja saya baca berita tentang "ke-cemerlang-an" E-KTP ini dalam membantu polisi dalam mengungkap suatu kejahatan. Awal Maret 2014 ini, dunia pemberitaan online diramaikan akan satu kasus pembunuhan wanita muda cantik, yang mayatnya ditemukan di tepi jalan tol di Bekasi. Hampir semua fanspage Facebook selalu menampilkan berita ini, di beranda Facebook saya hari ini. Tertarik dengan salah satu link di fanspage-nya Detik.Com, yang berjudul : "Cara Polisi Mengungkap Pembunuhan Sadis Sara oleh Sejoli Hafitd-Sifa". Dari keterangan di berita tersebut, ternyata-e-ternyata, informasi awal data diri dari korban pembunuhan tersebut adalah berasal dari database sidik jari E-KTP. Berikut cuplikan beritanya  : 


Sesaat setelah penemuan korban dilaporkan ke Polres Kota Bekasi, polisi melakukan identifikasi sidik jari korban untuk mengumpulkan profil korban. Dari hasil identifikasi yang tersambung ke database e-KTP, diketahui nama dan alamat tinggal korban di Rawamangun, Jakarta Timur.
"Kita punya ke base sidik jari dan keluar sidik jari mayat tersebut atas nama seseorang bernama Sara dan ada alamatnya di situ," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto kepada wartawan, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (7/3/2014).
Berbekal informasi dari sidik jari itu, penyidik kemudian menelusuri alamat tinggal korban. Setelah bertemu dengan pemilik rumah, diketahui bahwa Sara adalah anak dari Elisabeth.
"Kemudian ditanyakan (ke ibunda Sara) putrinya kemana dan terakhir bersama siapa," imbuh Rikwanto.
Nah, berkat tulisan yang dicetak tebal tersebut saya baru tahu "ke-ampuhan" dari yang namanya E-KTP. Secara, jarang sekali, cerita mengenai kegunaan E-KTP ini diungkapkan ke publik. Dulu, pas awal mulanya didengung-dengungkan E-KTP ini, berita yang sering muncul adalah berita-berita negatif dari E-KTP ini. Mulai dari korupsi di dalam pembiayaan program E-KTP ini, terus tersendat-sendatnya proses pendataan E-KTP, sampai yang terbaru dilarangnya E-KTP untuk difotokopy, karena dapat merusak chip di dalamnya.

Yah inilah yang namanya media, hampir didominasi oleh hal-hal negatif dulu (pendapat teman saya di Facebook ), yang membuat masyarakat tertarik untuk membacanya. Jarang mengungkapkan suatu hal secara covered both side (jarene ilmu per-jurnalistikan).

Nah, melalui tulisan ini saya akan mencoba untuk meng-covered side tidak tertampilkan tersebut. Tidak hanya satu peristiwa itu saja, ternyata saya browsing-browsing, ada juga kehebatan dari E-KTP ini dalam membantu mengungkapkan suatu hal. Berikut saya cuplik hasil pencarian di Google dengan kata kunci "E-KTP ungkap". Rada aneh? Ya..

  1. detikNews : Mendagri: Data e-KTP Pernah Ungkap Identitas Teroris

    news.detik.com/.../mendagri-data-e-ktp-pernah-ungkap-identitas-teroris?...
    20 Feb 2014 - Manfaat yang diharapkan dari pembuatan e-KTP tampaknya mulai terasa. Data yang tersimpan di e-KTP ternyata pernah dipakai untuk ...
    1. Polri miliki alat ungkap identitas mayat tanpa test DN - Daerah

      daerah.sindonews.com/.../polri-miliki-alat-ungkap-identitas-mayat-tanpa-...
      3 Feb 2014 - Cara kerja alat ini, ungkap Agus sangat mudah, sebab alat tersebut bisadihubungkan dengan E-KTP syestem. Sehingga, seluruh data  ...
      1. Mendagri: e-KTP Salah Satu Alat untuk Ungkap Tindak Kejahatan

        dispendukcapil.surabaya.go.id › Berita
        26 Mar 2012 - "Ada penjahat yang melakukan pembunuhan, penganiayaan, perkosaan, walaupun dilakukan malam hari dan tidak terlihat oleh siapapun tapi ...
        1. Kalau Mau Cepat Ungkap Mayat, Bikin E-KTP | KOMPAS TEKNO

          tekno.kompas.com/read/.../kalau.mau.cepat.ungkap.mayat.bikin.e-ktp
          19 Okt 2011 - Penemuan beberapa mayat tanpa identitas yang belakangan ini terjadi membuat polisi kesulitan dalam mengungkap pelaku kejahatan.

Comments

Popular posts from this blog

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client