"Facebook Lookback", Fitur baru di Ulang Tahun Facebook

Tepat tanggal 4 Februari 2014 kemarin, situs jejaring sosial terbesar dan terpopuler di planet bumi yaitu Facebook, genap berusia 10 tahun. Terlihat kecil memang jika dibandingkan dengan umur manusia, tetapi untuk ukuran layanan internet, 10 tahun merupakan angka yang cukup besar. Situs yang dimiliki oleh Mark Zukersberg ini mempunyai pengguna aktif sebanyak 1,2 milliar pengguna (16 persen dari total penduduk di dunia). Situs ini juga telah membantu pemiliknya yaitu Mark Zukersberg sebagai salah satu dari deretan manusia terkaya di dunia dalam usia muda. Fantastis memang, di tengah hebatnya “peperangan” pasar jejaring sosial, Facebook tetap mampu bertahan. Banyak isu-isu  tentang penutupan Facebook beredar di dunia maya, namun tak satupun yang terbukti. Justru Facebook semakin menujukkan ke-exist-annya dengan selalu menambahkan fitur-fitur baru yang memanjakan pengguna setianya. 

Di hari ulang tahunnya yang kesepuluh ini, facebook juga menghadirkan satu fitur spesial bagi para penggunanya. Boleh jadi, fitur ini sebagai ungkapan rasa terima kasih atau hadiah bagi para pengguna Facebook yang telah setia menggunakan Facebook. Fitur baru ini diberi nama “Facebook Lookback”. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan kita untuk “melihat ke belakang” atau “napak tilas” perjalanan kita dalam menggunakan Facebook, lewat sebuah video berdurasi kurang lebih 1 menit. Dalam video ini Anda akan dibawa ke masa dimana Anda pertama kali bergabung dengan facebook, kemudian melihat momen-momen pertama kali menggunakan Facebook, me-review kiriman-kiriman di Facebook yang paling banyak disukai,  dan foto – foto yang telah diunggah. Semuanya diringkas dalam video yang menarik dibalut dengan background musik yang selaras dengan tampilan video. 

Tidak semua orang dapat mendapatkan video tersebut dengan lengkap. Setiap pengguna akan mendapatkan content video tergantung berapa lama Anda telah bergabung dengan Facebook dan berapa banyak yang telah Anda bagi.  Anda akan melihat sebuah film, koleksi foto atau kartu ucapan terima kasih. 

Facebook menyatakan fitur ini akan Anda nikmati mulai hari Rabu, tanggal 5 kemarin dan akan bisa digunakan selama 1 bulan ke depan. Namun tautan video, tetap akan menjadi milik Anda jika Anda bagikan ke timeline Facebook Anda.  Untuk itu, tidak ada salahnya jika segera mencoba fitur istimewa ini. Tentunya Anda harus login ke akun Facebook milik Anda. Mudah saja, Anda tinggal mengunjungi alamat https://www.facebook.com/lookback/. Akan ditampilkan sebuah video “Facebook Lookback” milik Anda, yang bisa Anda nikmati sejenak, ketawa-ketiwi , bahkan mungkin pula bisa menangis melihat rangkuman cerita di Facebook Anda. Selanjutnya Anda bisa membagikan video tersebut ke dinding/timeline Facebook, dengan meng-klik tombol “Bagikan Film Anda”. Sebuah jendela kecil akan muncul, untuk mengatur isi dari kiriman video tersebut. Atur pula privasi kiriman, apakah untuk publik atau hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihatnya. Terakhir, klik “Bagikan” dan video “Facebook Lookback” Anda akan muncul di timeline Anda. ‘

Monggo, secepatnya dicoba, sebelum kehabisan waktu ?. Dan tidak lupa mengucapkan terima kasih dan  “Selamat Ulang Tahun kepada Facebook”. 

Comments

Popular posts from this blog

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client