Mudahnya manajemen keuangan dengan Ngaturduit.com

Kegiatan mengatur keuangan pribadi masih dianggap sulit bagi sebagian orang. Selain itu juga dianggap ribet  dan “kurang kerjaan” karena akan disibukkan dengan kegiatan catat-mencatat transaksi keuangan yang dilakukan.  Bayangkan, kita berbelanja di pasar atau supermarket, selain membawa uang dan keranjang belanja, kita harus membawa buku catatan keuangan, ballpoin dan kalkulator. Setelah menerima struk belanja, selanjutnya dicatat di buku catatan keuangan tersebut. Kemudian dicocokkan saldonya antara uang kita yang nyata dengan saldo di catatan yang dibuat, apakah sama atau tidak. Ribet dan bisa menjadi “bahan tertawaan” orang lain sepertinya.
Namun sekarang hadir sebuah aplikasi berwujud situs web yang bisa mencatat transaksi keuangan itu semua dengan mudah, tidak ribet dan tidak “memalukan” seperti gambaran di atas. Aplikasi itu bernama Ngaturduit.Com. Dapat dikunjungi di alamat http://ngaturduit.com/ untuk versi Desktop (melalui browser komputer) dan http://ngaturduit.com/index.php/m/ untuk versi mobile. Ya, itulah keunggulannya, bisa diakses melalui dua platform yang berbeda, sehingga dimanapun kita berada, asalkan ada koneksi internet kita bisa mencatat transaksi keuangan sedetail mungkin. Bahkan versi Android juga tersedia dimana  Android merupakan operating system yang selalu menyertai  di hampir sebagian besar smartphone terbaru. 

Lahirnya aplikasi ini sebenarnya sudah sejak 4 tahun lalu yang diprakarsai oleh Aditya Priambodo yang dominan di sisi pengembangan sistem dan Api Perdana sebagai pengembang di sisi bisnis. Semua fitur dalam aplikasi ini dapat Anda nikmati dengan tanpa membayar sepeserpun alias gratis. Anda cukup mendaftarkan data diri selanjutnya akan mendapatkan username dan password yang bisa digunakan untuk login di website NgaturDuit.com. Fitur-fitur yang didapatkan antara lain : pencatatan pemasukan dan pengeluaran uang, pembuatan anggaran, pencatatan hutang-piutang, rekapitulasi pemasukan dan pengeluaran per bulanan atau tahunan, financial chekup, konsultasi finansial, dan yang sangat menarik adalah adanya kalkulator zakat. Hanya pengguna yang sudah terdaftar yang bisa masuk ke member area aplikasi ini, sehingga privasi data pengguna sangat terjaga. Setelah terdaftar di website, untuk menggunakan aplikasi ini Anda harus login di form login yang muncul di sebelah kanan atas website ngaturduit.com.  

Proses pendaftaran, Anda cukup diminta data username, password dan email. Langkah pertama kali Anda akan diminta melengkapi data profil Anda (ini dapat dilakukan belakangan). Selanjutnya melakukan pengaturan Rekening, dimana Anda harus memasukkan data nominal uang yang anda miliki, baik yang berbentuk Tunai, Simpanan bank ataupun kartu kredit. Pengaturan rekening ini adalah proses pembentukan saldo awal dari pencatatan keuangan Anda.  Selanjutnya anda dapat melakukan pengaturan anggaran berdasarkan kategori –kategori anggaran yang telah ditetapkan. 

Proses pencatatan transaksi sangat mudah dilakukan. Pada halaman utama aplikasi ini langsung akan ditampilkan form “Transaksi Cepat”. Di form inilah kita akan memasukkan data transaksi keuangan kita mulai dari Pemasukan dan Pengeluaran. Data yang dimasukkan antara lain keterangan transaksi, jumlah nominal transaksi, kategori transaksi, dan rekening yang digunakan. Untuk kategori transaksi, cermati dalam memilih pilihan dalam combobox  yang disediakan, enam list teratas merupakan kategori transaksi “Pemasukan” dan sisanya adalah transaksi “Pengeluaran”. Daftar transaksi yang telah Anda inputkan akan ditampilkan masih satu halaman dengan form “Transaksi Cepat” ini. Daftar transaksi bisa dilihat secara harian dan bulanan. Semua proses transaksi menggunakan teknologi AJAX, dimana proses input dan tampil data dilakukan tanpa merefresh halaman, sehingga lebih cepat. 
Pada menu Rekapitulasi transaksi, akan ditampilkan rekapitulasi pendapatan dan pengeluaran dalam bentuk chart/grafik. Grafik transaksi ini juga bisa Anda lihat dalam rentang waktu bulanan dan tahunan. Bagi Anda yang sering bermain saham, menu “Investasi “ akan menampilkan daftar harga saham perusahaan-perusahaan terkenal. Menu “Tool”, menampilkan fasilitas tambahan dari aplikasi ini, seperti Financial Checkup, Kalkulator KKB, Kalkulator KPR, dan Kalkulator Zakat yang sangat berguna dalam mendukung manajemen keuangan Anda. Menu “Konsultasi”, lebih mirip dengan forum-forum, dimana Anda dapat menambahkan Topik pembicaraan seputar keuangan, dan bisa dikomentari oleh pengguna lain. 

Mudah sekali bukan, mengatur keuangan pribadi kita. Tidak perlu pintar ilmu akuntansi keuangan, cukup dengan aplikasi ini, semuanya bisa kita manage dimanapun dan kapanpun.

Comments

Popular posts from this blog

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client