Google Translate pun bisa berbahasa Jawa


Google Translate, sebagai salah satu layanan penerjemah bahasa secara online, terus menerus selalu melakukan pembaharuan di setiap fasilitas-fasilitas yang disediakan. Salah satunya adalah dalam hal cakupan bahasa yang bisa diterjemahkan oleh Google Translate. Setelah lama mendukung terjemahan dari dan ke dalam Bahasa Indonesia, kini Google Translate juga mendukung juga salah satu bahasa yang berasal dari Indonesia, yaitu Bahasa Jawa. Mulai 8 Mei kemarin, Bahasa Jawa ditambahkan sebagai bahasa yang bisa diterjemahkan di Google Translate, bebarengan dengan 4 bahasa lainnya, yaitu. Bosnia (digunakan di Bosnia Herzegovina, negara bekas pecahan Yugoslavia), Cebuano (Filipina), Hmong (China, Vietnam, Laos, Vietnam), dan Marathi (India). Dengan penambahan 5 bahasa ini, sampai saat ini, total Google Translate telah mendukung sampai 72 bahasa di dunia.

Walaupun sudah bisa digunakan dengan lancar, namun sistem penerjemahan bahasa Jawa  Google Translate ini masih berstatus versi Alpha yang artinya masih dalam tahap awal pengembangan dan belum memiliki standar kualitas yang sama dengan bahasa yang lain. Masih dimungkinkan adanya pengujian, dan perbaikan hasil penerjemahan, struktur kata serta penambahan frasa-frasa baru. Hanya Bahasa Bosnia, yang telah hadir dengan versi bukan Alpha. Bahasa Jawa yang kita tahu memiliki beberapa tingkatan, seperti Ngoko, Ngoko Alus, Krama Alus, dll, masih belum dibedakan dalam hasil terjemahan Google Translate ini, atau dengan kata lain, hasil terjemahan masih campur. Andapun juga dapat mengakses terjemahan Google Translate di Android, iOS device, Google Chrome, atau GMail.


Menurut statement Google di blog resmi Google Translate di http://googletranslate.blogspot.com/, penambahan 5 bahasa baru ini didasari pada kenyataan bahwa masih banyak pengguna internet yang menggunakan bahasa-bahasa tersebut, padahal sebagian besar konten web saat ini tersedia dalam bahasa Inggris, Cina, Spanyol atau Prancis. Bahasa Jawa digunakan oleh lebih dari 80 juta orang penduduk di dunia, yang tersebar di Jawa (Indonesia - 30%), Suriname (15%), dan New Kaledonia (negara di kepulauan Pasifik).

Patut diapresiasi, pengembangan Google Translate, yang mulai "belajar Basa Jawa" ini, sehingga membantu kita memudahkan komunikasi dengan masyarakat Jawa di seluruh dunia.


Oh, hiya... Jangan lupa klo membutuhkan WEBSITE PROFIL, WEBSITE SEKOLAH, SISTEM INFORMASI atau APLIKASI LAIN YANG BERBASIS WEB, hubungi ane saja, gan. Hubungi saja lewat YM di samping, atau untuk respon cepat tanggap (kayak PMI) hubungi 085292747190, SMS OK, telpon OK...

Comments

Popular posts from this blog

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client