Spider Cam, rahasia teknologi di balik EURO 2012 Ukraine-Poland



Gelaran EURO 2012 memang sudah usai. Namun bagi saya masih menyisakan pertanyaan, yaitu tentang sebuah benda yang seringkali melayang-layang dilapangan, yang digantung pada tali, seperti kalau di desa dulu lampu petromaks, gitu. Hal lain lagi, adalah tampilan (view) siaran EURO pada layar kaca sangat keren sekali, pemiarsa. Seperti contohnya adalah saat pengambilan sepak pojok, seolah-olah ada sebuah kamera yang berdiri 1 meter di atas pemain dengan pergerakan gambar yang sangat halus. Jika dipikir, mana ada orang yang berani ngambil gambar sebegitu dekatnya, atau kalau kita berfikir itu adalah kamera di dalam helikopter, jelas tidak mungkin, karena pasti baling-balingnya nabrak penonton. Perhatikan gambar saat Andres Iniesta mengecoh 6 pemain Kroasia layaknya Captain Tsubasa di bawah ini :

Ataupun video murka-nya Kiriakos Papadopoulos pada Giorgios Samaras, saat striker Yunani tersebut membuat peluang manis Yunani berikut ini :
Setelah saya berowsing-berowsing sana-sini, ternyata keindahan pengambilan gambar di atas diperoleh berkat sebuah alat yaitu SPIDER CAM. Seperti ulasan situs ini (http://bisnis-jabar.com/) dikutip sesuai aslinya.
Pada perhelatan EURO 2012 di Polandia dan Ukraina, melalui siaran langsung di layar kaca, pecinta sepakbola di seantero dunia saat ini dapat menyaksikan duel tim-tim Eropa yang tidak hanya menarik dari sisi kualitas para pemainnya dan permainan bolanya.
Selama permainan bola berlansung, penonton yang melihat dari televisi dapat melihat view yang bergerak cepat dari atas lapangan kemudian bergerak ke arah pemain atau ke arah gawang maupun ke arah penonton dan pelatih, sehingga pemirsa seolah juga ikut bergerak.
Terkadang, terlihat tayangan gerakan sangat lambat dari aksi lihai para pemain saat mengecoh lawan ketika mengiring bola atau ekspresi para penonton di stadion. Teknologi high speed camera dari spidercam-lah yang membuat pemirsa bisa menyaksikan gerakan ultra slowmotion (sangat lambat).
Spider Cam di Final Liga Champion 2012
Spidercam adalah sistem yang memungkinkan film dan televisi kamera untuk bergerak baik secara vertikal dan horizontal di daerah yang telah ditentukan, biasanya lapangan olahraga seperti lapangan sepak bola atau lapangan tenis.
Nama Spidercam merupakan merek dagang. Pemiliknya sendiri juga bernama Perangkat spidercam digunakan untuk menghasilkan view tiga dimensi atau 3D dalam pertandingan. Spidercam merupakan perangkat kamera yang mampu bergerak tanpa dibatasi oleh kendala di atas tanah.
Cara Kerja Spider Cam

Operator Spider Cam
Sejarah Spider Cam 
Jens C. Peters, yang merupakan pendiri CCSytems Inc, dia lah yang mengembangkan sistem Spidercam. Perusahaan di Austria yang mulai pada tahun 2000 khusus untuk menciptakan sebuah sistem kabel-suspensi yang berfungsi sepenuhnya untuk perangkat kamera transportasi, yang mampu bergerak tidak hanya lateral atau horizontal di tanah, tetapi juga vertikal, sehingga memberikan penuh tiga dimensi sementara gerakan meliputi area yang luas baik di dalam ruangan serta luar ruangan, menggunakan komponen standar dan dapat diandalakan sebagai modul. Pengujian sistem pertama, yang berhasil diambil di sebuah aula besar di Carinthia, Austria pada tahun 2003. Pada tahun 2004 sistem ini digunakan untuk pertama kalinya pada produksi televisi di Austria. Pada tahun yang sama, Peters bekerja sama dengan perusahaan Jerman PMT Profesional Motion Teknologi GmbH, sebuah rumah disewa khusus untuk teknologi kamera gerak. Setelah beberapa modifikasi terinspirasi oleh PMT, maka Spidercam memasuki pasar. Pengunaan spidercam awalnya adalah untuk acara live seperti konser - Kylie Minogue di Australia, Robbie Williams di Inggris dan Polisi di Argentina - program televisi seperti Eurovision Song Contest di Yunani dan Finlandia, dan acara olahraga besar seperti Piala Eropa Renang di Hungaria, Red Bull X-Fighters di Meksiko dan Spanyol dan pertandingan sepak bola internasional. PMT juga menyediakan sistem untuk kamera film 35 mm. Sebuah pasangan baru, pengusaha dari Austria Herbert Neff, yang bergabung dengan Peters pada tahun 2007 dan sebuah perusahaan baru spidercam GmbH, didirikan. Karena hubungan bisnis, maka lebih lanjut telah diciptakan di sejumlah negara, seperti Inggris, Perancis, Portugal, Italia, Polandia, Tunisia, Australia dan Cina, yang menyediakan staf, dan peralatan lokal tahu bagaimana untuk produksi film dan siaran perusahaan di negara tersebut. Untuk memenuhi pertumbuhan permintaan untuk layanan spidercam, spidercam GmbH menawarkan lokakarya untuk operator prospektif, dengan tujuan menjamin kualitas tertinggi dan standar keselamatan. Spidercam Gmbh memiliki departemen teknik dalam rumah yang bekerja pada peningkatan spidercam dan mengembangkan aplikasi khusus untuk memenuhi permintaan pelanggan. Saat ini sedang dilakukan revisi pada sistem sepenuhnya dan baru, yang disebut spidercam MkII. 
Fitur Spider Cam 
Diadaptasi untuk mengangkat kamera film 35mm yang merupakan fitur spidercam dalam memenuhi tuntutan fitur yang khas film dan produksi komersial. Selain kekhasannya, spidercam efeknya juga dilengkapi dengan fungsi "playback": Rekam gerakan Anda dan yang memiliki sistem yang dapat mengulang sesering yang Anda suka. 
Spesifikasi
Winches Berat : 300 kg/660 1bs Dimensi : 1500 x 900x 800 mm / 59 x 32,2 x 53,3 pasokan daya yang diperlukan 400 V /32 A CEE (untuk masing-masing winch) Kecepatan : 8 m/s Perangkat kabel/ komposit kabel kevlar Panjang : 340 m / 1115 ft Area : 230 x 230 m / 754 x 754 ft Ketegangan kabel maksimal : 100 kg / 220 lb Break point : 1200 kg / 2640 lbs Keamanan : 12 x dolly berat : 25 kg / 66 lb (without camera) power supply: 4 li-ion batteries remotehead Pan : kecepatan 60°/s, 360° tanpa akhir Tilt : kecepatan 120°/s, +90°, -100° kamera compact 35mm kamera film, contohnya : Arri 235 kamera digital yang memiliki resolusi tinggi, contohnya : RED one model selanjutnya berdasarkan permintaan! lensa: memasang prim dan perbesaran angle pada lensa berdasarkan permintaan kontrol-desk: footprint: minimal 2 x 3 m / 6,6 x 10 ft power supply: 230V/10A 
Jenis-Jenis SpiderCam (Ni petunjuk klo yang mau beli 29.000 Euro katanya) 
Spidercam®HD-STUDIO 
Dirancang untuk instalasi indoor atau dalam ruangan, terutama untuk acara TV dan produksi studio lainnya, spidercam yang HD-STUDIO menyediakan semua keuntungan dari sistem yang lebih besar sementara memiliki emisi kebisingan yang lebih rendah dan dikurangi ukurannya. Studio Kompak dan menunjukkan dengan penonton hidup sangat memanfaatkan fitur-fitur dari spidercam yang HD-STUDIO. 
Spidercam®HD-LAPANGAN 
Ditujukan untuk instalasi outdoor atau luar ruangan, seperti stadion dan lapangan atau daerah peristiwa besar, tetapi juga untuk studio besar, tahap suara atau arena dalam ruangan dan tempat lainnya, yang spidercam HD-LAPANGAN mencakup sebuah daerah yang luas dan dirancang untuk memberikan gerakan panjang di atas penonton, lapangan bermain atau tahap tentu saja dengan khas spidercam wow-efek. 
Namun ternyata teknologi ini, belum digunakan secara maksimal dalam membantu keputusan wasit dalam menentukan terjadinya gol, apakah sudah melewati garis gawang atau belum, seperti pada pertandingan Inggris vs Ukraina, "penyelamatan gemilang" John Terry di bawah mistar, terlihat dalam kamera bola sudah melewati garis gawang, namun wasit, memutuskan tidak gol...
Super Save by John Terry
Sumber : 

Comments

  1. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client