Color Cop - Tools Wajib bagi Designer Web

Sebagai seorang yang bergelut di dunia per-website-an, khususnya untuk design, pasti tidak asing dengan yang namanya Kode Warna (kode Hexadecimal), yang jumlahnya ratusan atau ribuan (ane agak lupa berape jumlahnya..). Untungnya untuk wana dasar, semisal putih, hitam, merah, hijau, pink, orange dan lain-lainya, kita tinggal menuliskannya dengan bahasa Inggrisnya, saja. Contoh : "background: green". Namun jika hanya menggunakan kode-kode tersebut, sangatlah terbatas, dan terlalu garing.  Mau tidak mau kita harus menggunakan variasi warna lainnya, yang lebih kelihatan enak dipandang mata, dan halus. Tapi, ya itu tadi masalahnya : tidak hafal kode warnanya. 

Ada sebuah software yang bisa menjadikan solusi, agar permasalahan menghafal kode warna HTML bisa sedikit (banyak  sebetulnya..) teratasi. Color Cop, adalah sebuah software kecil, ringan, bermanfaat tinggi, dan berdaya guna sangat banyak (halaahh...), yang berguna untuk menampilkan kode warna dari sebuah titik/daerah yang diseleksi di layar desktop. 

Cara kerjanya adalah mirip Tools Eyedropper Tools pada Adobe Photoshop yang mengambil warna tertentu pada gambar yang di-Eyedropper-i (bahasamu, lee...). Cuman bedanya, pada Color Cop, tidak hanya pada gambar tertentu seperti pada Photoshop, namun semua area yang ditampilkan di layar desktop bisa diambil kode warnanya, cukup dengan mengarahkan pointer ke daerah yang ingin diambil kode warnanya. Ringkasnya, software Color Cop ini berfungsi untuk menangkap kode warna tertentu dari titik yang diseleksi.

Untuk lebih jelasnya, lihat animasi berikut ini :

Klik Gambarnya, jika animasi tak berjalan... OK... Gangguan Teknis, pemiarsa..!!!

Feature-feature dari software ini, diringkas dari laman resmi software ini (http://colorcop.net/features) adalah sebagai berikut, pemirsa :

  1. Eyedropper. Cukup klik dan drag eyedropper di area manapun pada layar untuk memilih warna baru. Tersedia pilihan ukuran sampel, seperti pixel tunggal, atau ukuran 3x3/5x5 
  2. Magnifier Kontrol. Hal ini dapat digunakan untuk memperbesar area layar. Setelah diperbesar, Anda dapat mengklik pada tampilan kaca pembesar untuk memilih warna. Tombol plus dan minus dapat digunakan untuk mengubah tingkat pembesaran sebelum atau setelah magnifiying suatu daerah.
  3. Auto-copy ke clipboard Dengan opsi ini diaktifkan, nilai output secara otomatis akan disalin ke clipboard.
  4. Beberapa keluaran pilihan, HTML hex, hex Delphi, PowerBuilder, Visual Basic, Clarion, Visual C + +, RGB float, int RGB
  5. Warna pilihan. Snap untuk websafe, Mendeteksi websafe, Reverse, Random, Konversikan ke Grayscale
  6. Posisi relatif mengukur. Tekan tombol Ctrl sambil eyedropping dan koordinat akan ditetapkan menjadi nol (0,0). Bila Anda tarik mouse ke lokasi baru, nilai-nilai koordinat akan  relatif terhadap titik.
  7. 7 History Warna. Menampilkan warna yang barusan dipakai, sebanyak 7 warna.
  8. Sistem Tray. Aplikasi ini dapat diminimalkan ke system tray.
  9. BMP ke clipboard. Klik dua kali pada jendela kaca pembesar dan ia akan meminta untuk menyalin bitmap ke clipboard.


Untuk download software ini, kunjungi link di bawah ini :
1. Download : http://colorcop.net/download (372 KB - Versi 5.4.3 - Mei 2012)


Colors are an essential part of your website design. Make sure to get the right color tools you use, just as choosing a good cheap web hosting for your website.

Warna merupakan bagian penting dari desain website Anda. Pastikan untuk mendapatkan alat warna yang tepat Anda gunakan, seperti memilih web murah hosting yang baik untuk website Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client