Konversi file JPEG ke PDF dengan JPEG to PDF Converter





File bertipe PDF masih menjadi tipe file dokumen yang paling disukai. Dengan menggunakan file tipe PDF ini, membaca dokumen menjadi sangat nyaman. Pengguna atau pembaca bisa membaca lembar demi lembar file dengan menggunakan scroll mouse, kursor, dan handtool dengan mouse. Jika ingin melompat ke satu halaman tertentu, pengguna tinggal mengetikan nomor halaman di kotak navigasi halaman. File berekstensi PDF  juga memiliki keamanan data yang tinggi, jika suatu dokumen disajikan dalam bentuk pdf, maka pembaca tidak akan mudah mengubah isi dari dokumen. 

Banyak software yang bisa membuat/mengkonversi berbagai tipe file ke dalam format PDF ini. Salah satunya adalah JPEG to PDF Converter. Software ini khusus digunakan untuk membuat PDF dari file bertipe image seperti  BMP, GIF, PNG, TIF, WMF, EMF, in addition to JPG, JP2, J2K. Dengan software ini kita bisa “menyatukan” berbagai file image hasil jepretan kamera, atau dokumen hasil scanning menjadi satu file PDF sehingga memudahkan kita untuk mengelola, dan membacanya. 

Software ini bersifat freeware, sehingga dapat dengan mudah kita dapatkan dengan tanpa membayar. Keunggulannya adalah software ini bersifat portable dan berukuran kecil, sehingga dapat kita simpan di flasdisk, dan dapat dijalankan di berbagai computer manapun tanpa menginstallnya. Proses konversinya pun tergolong cepat, tergantung ukuran file sumbernya. Program ini juga mendukung konversi banyak file gambar ke satu file PDF. Program ini juga mendukung  image scaling and positioning.  

Untuk mendapatkannya, langsung saja kunjungi halaman resmi software ini di alamat http://www.compulsivecode.com/Project_ImageToPDF.aspx. Ukurannya sangat kecil sekali, hanya sekitar 81 KB. Klik link downloadnya, dan simpan di computer atau flasdisk Anda, kemudian ekstrak dan jalankan file “JPEGtoPDF.exe”. 

Untuk menambahkan file image yang akan dikonversi klik tombol “Add Files”. Agar bisa menambahkan banyak file saat memilih sambil menekan tombol “Ctrl”. Pada “Unit of Measure” pilih satuan ukuran dokumen, apakah centimeter, inci, atau millimeter. Kemudian pada “output PDF File” pilih lokasi penyimpanan output hasil konversi, dan juga pilihan outputnya dalam file tunggal (jadi 1 file PDF) atau terpisah. Kemudian pilihan di bawahnya yaitu “Page Size Setting” untuk mengatur ukuran halaman hasil konversi. Sayangnya disini tidak ada pilihan ukuran file default seperti pada umumnya seperti A4, Legal, atau A3 dll. Kemudian selanjutnya pilih pengaturan “Margin” dan “Image Positionnya”. Setelah selesai pengaturannya, klik tombol “Save PDF”.  Dan dalam sekejap, file PDF hasil konversi akan  tersimpan di lokasi yang telah Anda tentukan. Mudah dan cepat sekali, bukan..? 


Nur Akhwan
Teknik Informatika, STMIK El Rahma

Comments

Popular posts from this blog

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client