Pitoong, Google Rasa Indonesia


Bicara seputar mesin pencari (searching engine) di muka bumi ini, orang langsung menyebut nama Google, sebagai salah satu mesin pencari yang terbesar, tercanggih dan terlengkap. Meskipun banyak juga search engine lain yang bisa menjadi alternatif, seperti Bing (Microsoft), Yahoo, Altavista, Baidu, AOL, dan lainnya, sepertinya mereka belum bisa mengalahkan nama Google dalam dunia mesin pencari.

Nah, selanjutnya bagaimana dengan Indonesia..? Tidak mau kalah kreatif dengan Cina yang meluncurkan Baidu sebagai mesin pencari  berbahasa Cina, di Indonesia muncul mesin pencari dengan nama Pitoong. Nama ini terinspirasi dari nama legenda Betawi yaitu si Pitung jagoan Betawi. Anda dapat melihatnya dengan mengetikkan alamat di http://www.pitoong.com/.

Sekilas halaman depan Pitoong.Com hampir 90% tata letak dan fitur-fiturnya mirip Google.com. Ada tombol "Cari Pitoong" dan tombol "Saya Sedang Beruntung" yang mirip kepunyaan Google. Ditambahkan juga fitur Advance Search. Kemudian, dari segi jumlah hasil pencarian, Pitoong.Com masih kalah jauh dibandingkan dengan Google.Com. Sebagai contoh saya mengetikkan kata kunci "yogyakarta", pada Google menghasilkan 186.000.000 hasil, sedangkan pada Pitoong 8,150,000. Maklum, sebagai situs pencari yang masih baru, mungkin belum semua masuk ke dalam database Pitoong.

Fitur-fitur lainya yang mirip Google antara lain penelusuran gambar, Maps, Pitoong Translate, Video dan Toongmail (tiruan GMail). Untuk fitur Maps-nya, masih "meminjam" Google Maps. Sedangkan fitur Translate, saat ini sudah bisa menterjemahkan ke dalam 57 bahasa. Namun sepertinya belum secanggih Google Translate, yang dipersenjatai fitur Terjemahan Instan, Text to Speech, dan keyboard virtual, pada Pitoong Translate lebih mirip sebagai kamus penterjemah. Pengguna harus mengetikkan kata yang ingin diterjemahkan, memilih bahasa asal, dan tujuan, dan diikuti meng-klik tombol Translate. Fitur "Video" memungkinkan Anda untuk melakukan pencarian dengan pembatasan file-file video.

Tak mau kalah dengan GMail, disediakan pula fitur Toongmail, untuk berkirim dan menerima email, tentunya harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Fitur pencarian yang lainnya yang berbeda dengan Google adalah pencarian file Audio, berita Olahraga, file PDF, dan Twitter. Untuk pencarian Twitter ini dimaksudkan untuk mencari tweet yang mirip dengan keyword yang kita cari, namun hasilnya belum maksimal.

Walaupun masih terdapat beberapa kekurangan dan perlu banyak pembenahan, kehadiran mesin pencari Pitoong.Com ini wajib kita apresiasi, sebagai salah satu karya kreatif bangsa Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client