Ketahui Kemampuan PC/Laptop Anda dengan Windows Experience Index

Tidak kenal, maka tidak sayang. Kiranya peribahasa tersebut dapat diterapkan pada dunia komputer. Dengan memiliki PC/Laptop, maka setidak-tidaknya kita harus mengenal spesifikasi dan harus tahu seberapa besar kemampuan  PC/Laptop yang kita miliki. Dengan begitu, kita dapat menyesuaikan kemampuan PC/Laptop, jika ingin meng-install software, atau ingin meng-upgrade hardware.

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimanakah cara agar kita dapat mengetahui kemampuan PC/Laptop kita.? Untuk komputer dengan system operasi Windows XP, mungkin tidak ada tools bawaan langsung dari Windows yang digunakan untuk mengetahui kemampuan PC/Laptop kita, sehingga harus dengan meng-install software tambahan. Nah, untuk system operasi Windows 7, ada tools bawaan Windows, yang dapat digunakan untuk mengetahui peforma PC/Laptop kita, yang disebut Windows Experience Index, atau sering disingkat WEI. Sering orang tidak mengetahui dan mengabaikan tools yang sebenarnya sangat berguna ini. Menurut penjelasan dari situs resmi Windows, WEI digunakan untuk mengukur kemampuan hardware komputer dan konfigurasi software, dan direpresentasikan dalam bentuk skor angka indeks. Ukuran angka indeks ini dimulai dari yang terendah angka 1.0 dan yang tertinggi adalah angka 7.9. Hal ini dapat diartikan bahwa komputer dengan skor tinggi memiliki peforma yang lebih baik dan cepat daripada komputer dengan skor yang lebih rendah, kaitannya dalam mengeksekusi perintah-perintah.

Setiap komponen hardware komputer Anda memiliki subscore individu. Skor akhir WEI tidak dihitung berdasarkan rata-rata dari subskor individu hardware, tetapi mengambil dari skor terendah dari subscore hardware tadi. Misalnya, jika skor terendah komponen hardware adalah 1.0, maka skor WEI yang tertulis di PC/Laptop Anda adalah 1.0. Terdapat 5 komponen yang dinilai skornya, antara lain adalah : (1) Prosesor, dengan menghitung kemampuan kalkulasi per-detik dari prosesor, (2) Memory (RAM), dengan menilai operasi memori per detik yang bisa dilakukan, (3)  Graphic : kemampuan desktop menampilkan tampilan Windows Aero, (4) Gaming Graphic, kemampuan untuk menjalankan game dan perangkat 3D, dan (5) Primary Harddisk, dengan mengukur kecepatan transfer data dari harddisk.

Bagaimana cara mengetahui skor WEI PC/Laptop kita.? Untuk laptop, jika ingin mengetahui skor WEI harus dilakukan dalam kondisi laptop sambil mengisi batere (charging). Kemudian buka “Windows Explorer”, klik kanan pada “My Computer”, kemudian pilih “Properties”. Selanjutnya klik “System rating is not available” jika Anda belum pernah menjalankan Windows Experience Index sebelumnya. Jika sebelumnya sudah, maka klik “Windows Experience Index”, kemudian klik “Rate This Computer” untuk mengecek Hardware anda. Tunggu hingga proses selesai dengan menampikan skor WEI-nya. Jika anda pernah mengecek sebelumnya, dan ingin mengecek lagi, klik “Re-run the assessment”.

Skor WEI 1.0 – 2.0 biasanya hanya bisa digunakan untuk tugas-tugas standar kantor seperti mengetik, browsing,  dan tidak cukup kuat untuk menjalankan tampilan Windows Aero dan kemampuan grafis lainnya. PC/Laptop dengan skor WEI 3 dapat diartikan dia bisa menjalankan Windows Aero dan beberapa fitur-fitur canggih Windows 7 lainnya, namun masih dalam batasan standard (kurang baik dalam fitur-fitur multimedia dengan konten HD –High Definition).  Skor WEI 4.0 atau lebih, dapat digunakan untuk menjalankan semua fitur-fitur canggih Windows 7, dan lebih dari itu, seperti untuk game PC 3D dan multiplayer, video editing,  serta memainkan konten HD. Jadi, PC/Laptop Anda dapat “nilai” berapa…?

Comments

Popular posts from this blog

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client