Presentasi Organisasi Prosesor Mata Kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer

Fungsi Utama CPU
Fungsi CPU adalah menjalankan program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil intruksi-intruksi, menguji intruksi tersebut dan menjalankanya satu demi satu. Komponen-komponen itu dihubungkan oleh sebuah bus, yaitu sekumpulan kabel-kabel paralel untuk mentransmisikan alamat (address), data, dan sinyal-sinyal kontrol. Bus dapat berada di luar CPU, yang menghubungkan CPU dengan memori dan peralatan I/O, tapi juga ada di dalam CPU.


Langkah2 CPU menjalankan Intruksi

  1. Mengambil intruksi berikutnya dari memori dan membawanya ke dalam register intruksi)
  2. Mengubah PC (Program Counter) agar menunjuk ke intruksi selanjutnya
  3. Menentukan jenis intruksi yang baru saja diambil
  4. Jika instruksi tersebut menggunakan sebuah word dalam memori, ditentukan di mana instruksi tersebut berada
  5. Mengambil word tersebut, jika diperlukan, dan membawanya ke dalam sebuah register CPU
  6. Menjalankan intruksi
  7. Kembali ke langkah 1 untuk memulai menjalankan intruksi selanjutnya
Organisasi Dasar Prosesor terdiri dari :
  1. Aritmethic Logic Unit (ALU). ALU melakukan operasi aritmatik dan logika pada operand-operand yang disimpan sementara di register. Pada beberapa prosesor, hasil operasi disimpan pada register khusus yang disebut akumulator. Tipe operasi ditentukan oleh control unit yang mengkode instruksi yang di fetch dan mengumpankan ke ALU dengan sinyal-sinyal kontrol yang sesuai. Prosesor juga dapat melakukan operasi biner presisi ganda, untuk mempercepat aplikasi tertentu. Prosesor ini biasanya merupakan prosesor slave yang dihubungkan dengan prosesor utama. Prosesor ini sering disebut dengan prosesor aritmetik.
  2. Register. Register mempertukarkan informasi melalui satu atau lebih bus-bus internal. Bus-bus internal ini memungkinkan terjadinya overlaping operasi-operasi yang dapat meningkatkan kecepatan CPU. Lebar setiap register  (yaitu jumlah bit) biasanya sama dengan bus data internal. Register yang lainnya adalah general purpose register (GPR) yang digunakan untuk menyimpan alamat dan data sementara selama operasi prosesor.
  3. Control Unit (CU). Control Unit (CU) membangkitkan urutan sinyal yang berasal dari clock. Tipe urutan sinyal tergantung pada opcode dari masukan yang diberikan dari seumber luar ke CPU. Masukan eksternal tersebut dapat merupakan permintaan interupsi pada program (interrupt request).


Lanjut mbesok, gan... filenya ternyata ndak tak bawa....


Comments

  1. bro, please kasih taw lanjutannya dunk...

    ReplyDelete
  2. hahaha, sori broo... @Umar Syahid As - Shidiq, lupa lanjutinnya... nanti dulu, tak carinya file-nya, soalnya sudah 1 tahun berlalu... hehehe...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client