Membasmi Antivirus Palsu dengan Remove Fake Antivirus




Dengan semakin berkembangnya teknologi antivirus saat ini, semakin menantang pula bagi para pembuat virus agar dapat lebih “berinovasi” dalam mengelabuhi para korban dan bahkan mengungguli antivirus itu sendiri.  Salah satu metode yang saat ini banyak merebak adalah virus yang mengelabuhi korbannya, dengan menyamarkan dirinya sebagai antivirus palsu (fake antivirus)Selain menggunakan tampilan seperti antivirus  asli, nama antivirus palsu ini juga sangat meyakinkan, karena mirip dengan antivirus asli yang terkenal, semisal AVG, dll. Jenis penyamaran seperti ini yang sangat efektif dalam mengelabuhi korban, karena umumnya korban akan merasa tenang dan nyaman jika sudah mempunyai antivirus.  

Antivirus palsu (virus) jenis ini paling banyak didapatkan dari internet, saat kita meng-klik iklan yang mengiming-imingi perlindungan keamanan bagi komputer kita. Setelah kita klik, otomatis file antivirus palsu tersebut akan terdownload dan terpasang di komputer. Nah, tipu daya selanjutnya yang dilancarkan  sangatlah licik. Ia akan memperingatkan kita bahwa komputer kita sedang dalam kondisi “bahaya”, dan diperintahkan untuk men-scan komputer, dan didapati beberapa virus-virus terkenal. Selanjutnya untuk menghilangkan virus tersebut, biasanya kita harus membeli lisensi atau membayar sejumlah uang untuk antivirus palsu tersebut. Selain itu, antivirus palsu ini juga menimbulkan berbagai efek merugikan bagi computer kita, misalnya bisa kehilangan data di computer, mematikan fitur-fitur Windows tertentu dan sering memunculkan pesan untuk men-scan ­computer, yang sangat mengganggu. Tidak sebatas itu saja, untuk meng-uninstall antivirus ini saja prosesnya dipersulit, karena mungkin tidak tersedia menu uninstall.

Nah, untuk mempermudah pengguna awam, ada salah satu aplikasi yang cukup ringan, kecil, gratis dan portable  yang dapat dipergunakan untuk mencari, memeriksa dan menghapus berbagai antivirus palsu, yaitu sebuah aplikasi yang bernama “Remove Fake Antivirus”. Sampai update terakhir (versi 1.81, 31 Oktober 2011), aplikasi (software) yang berukuran 234 KiloByte ini bisa mendeteksi dan menghapus 74 antivirus palsu.

Untuk mendapatkannya, bisa klik halaman web  http://olzen.info/RemoveFakeAntivirus.exe dan selanjutnya simpan di  computer anda. Setelah itu, jalankan file RemoveFakeAntivirus.exe –nya, dan klik tombol “Start” untuk memulai proses scanning antivirus palsunya. Software ini akan memeriksa dan menghentikan proses antivirus palsu serta menghapus registry-nya. Jika menemukan antivirus palsu, software ini akan otomatis menghapusnya, jika tidak menemukan, akan muncul peringatan “Please scan your computer…dst”. Karena bersifat portable, jangan kaget, jika Anda ingin menggunakannya kembali, dan anda mencari di Start Menu tidak ada, maka carilah di folder dimana  Anda menyimpan file hasil download-nya, dan jalankan softwarenya kembali.  

Comments

Popular posts from this blog

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client