Konversi Teks ke Suara dan Menyimpan ke File WAV dengan Speakonia



Jika Anda seorang guru/dosen Bahasa Inggris, mungkin selalu disibukkan dengan kegiatan berbicara dengan bahasa Inggris, semisal membuat sebuah percakapan pendek bahasa inggris, atau membuat soal ujian listening bahasa inggris. Mungkin secara manual, Anda akan merekam sendiri suara Anda melalui mikrophone ditambah dengan bantuan software Sound Recorder-nya Windows. Namun, repotnya jika harus berganti suara laki-laki ke perempuan, atau sebaliknya, Anda harus mencari orang lain, bukan? Nah, untuk memudahkan  proses “membuat suara orang Inggris” ini, Anda dapat menggunakan sebuah software utilitas, yang kecil, ringan, dan tentunya gratis.  Software ini bernama Speakonia. Speakonia sebenarnya adalah sebuah utilitas freeware sederhana yang dapat mendeteksi teks kemudian membaca teks menjadi suara yang bisa didegarkan langsung lewat looudspeaker komputer. Pada versi yang saya gunakan (versi 1.0), Speakonia dilengkapi dengan  10 jenis suara, 8 suara laki-laki, dan 2 suara perempuan. Hebatnya lagi, kita dapat mengatur kecepatan membaca dan pitch-nya, agar pendengar dapat dengan mudah mengikuti pengucapan kata-kata oleh komputer. Suara yang dihasilkan pun dapat disimpan menjadi file dengan format WAV, sehingga dapat diputar ulang. Namun sayangnya, software ini belum bisa mengkonversi-nya menjadi format populer saat ini, MP3. Sebagai saran, jika Anda ingin mengkonversinya menjadi MP3 dapat menggunakan software audio converter, semisal Format Factory. Satu lagi kelebihan software ini, yaitu dapat menkonversi teks dari sebuah halaman website.

Cara penggunaan software ini sangat mudah sekali, karena antarmukanya sederhana. Buka programnya melalui Start Menu > All Program > CFS-Technologies > Speakonia > Speakonia. Kemudian masukkan teks bahasa inggris yang ingin Anda konversi. Anda bisa men-copy paste dari teks yang telah Anda ketik sebelumnya. Kemudian klik tombol Play (>) di bawah deretan menu atas, kemudian komputer akan “menyuarakan” teks yang ditulis, melalui speaker. Selanjutnya Anda dapat menyimpan file teksnya, dengan klik tombol Save (disket) atau menyimpannya dalam format WAV, dengan cara klik menu File > Save As Wave File, atau dengan tombol shortcut F9. Nah, jika ingin menkonversi teks dari laman web, dengan cara klik menu File > Read Webpage (Shorcut F8), lalu ikuti langkah-langkahnya sampai selesai.

Untuk mendapatkan software ini secara mudah dan gratis (versi 1.0), langsung saja ketikkan alamat web, yaitu :http://files.cfs-technologies.com/speakonia/speakoniasetup-1.0.exe , maka akan langsung muncul kotak dialog tempat penyimpanan file download. Setelah itu, install program. Pada saat pertama kali menginstall, software ini masih dalam keadaan “Unregistered” atau belum terdaftar dengan fasilitas minimal (tidak bisa save ke format WAV). Untuk mendaftarkannya, ketikkan url http://www.cfs-technologies.com/scripts/speakonia/, kemudian isi Nama Anda, Email Anda, dan komentar, dan terakhir klik tombol submit. Cek inbox Email Anda yang telah didaftarkan tadi, catat Nama, Email dan Registration Key-nya. Kembali ke program Speakonia, pada menu Help > Register, isikan Nama, Email dan Registration Key-nya, dan restart programnya. Speakonia Anda akan menjadi teregister, dan Anda dapat memakai semua fasilitas program ini, dan selamat ber-cas cis cus... J

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client