Perlindungan Firewall Dengan Ashampo Firewall

Dengan munculnya modem USB, internet saat ini sangatlah mudah diakses dari mana saja. Bahkan sekarang di rumah-rumah bisa mengakses internet 24 jam unlimited. Hal ini tentu berbeda, dengan keadaan 5 – 10 tahun yang lalu, jika ingin mengakses internet kita harus duduk berjam-jam di depan PC  Warnet-warnet, dengan biaya akses yang sedikit lebih mahal. Harga modem yang semakin terjangkau, dibarengi dengan promo-promo tarif yang bervariatif, sangat menggiurkan konsumen.  Dari yang harga sangat murah, unlimited dengan label kecepatan sampai ber-MBps, namun kenyataannya koneksinya   putus-putus. Ada juga yang bertarif agak mahal, dan memang benar-benar cepat dan tidak putus-putus.  

Namun ada salah satu hal yang perlu kita perhatikan, mengenai modem USB ini, yaitu masalah alamat IP yang digunakan. Operator biasanya memberikan IP Publik secara langsung kepada user, untuk mengakses internet. Akibatnya jika kita mempunyai folder  yang di-shared, orang di luar sana bisa mengakses folder tersebut melalui IP yang dimiliki. Memang orang lain belum tentu tahu IP kita, namun dengan berkembangnya software-software hacking, maka dengan tinggal klik sana klik sini, orang lain bisa tahu IP kita.

Untuk menanggulangi hal tersebut, firewall sangatlah penting untuk digunakan.  Ada banyak software firewall yang bisa digunakan. Salah satunya adalah Ashampo Firewall. Software firewall besutan dari Ashampoo GmbH & Co. KG ini menurut informasi dari websitenya, diklaim bisa mempermudah user dalam men-setting firewall. Anda bisa memilih versi Free, dengan lebih dulu me-request Serial Number di websitenya di : http://www.ashampoo.com/en/usd/pin/0050/1-Security-Software/Ashampoo-FireWall-FREE . Jika terlalu panjang Anda bisa searching di Google dengan keyword “Ashampoo Firewall FREE”. Ukuran file downloadnya sebesar 10,1 MB.

Setelah diinstall, anda akan ditawari mode penggunaan software ini, Easy Mode (untuk user biasa) dan Expert Mode (untuk user yang ahli dalam hal firewall). Tampilan Menu Utama terdiri dari Rules (untuk mengatur jalur akses software yang menggunakan internet, seperti pengaturan port yang digunakan), menu Statistik (mengetahui  statistic koneksi yang terjadi), Menu Logs (detail semua koneksi dengan tanggal, waktu, aplikasi, port yang digunakan dan alamat IP), Menu Configuration, dan Menu Tool yang berisi  tool-tool tambahan, seperti : (1) Autostart Manager (untuk me-manage program yang berjalan saat startup), (2) Process Manager (untuk mengetahui proses yang sedang aktif) , (3) Internet Cleaner (untuk menghapus aktifitas browsing, seperti history, cookie, dll) , (4) IP Spam Blocker, untuk menghalau  pesan spam, yang berbentuk jendela popup.

Software ini juga akan memberi peringatan kepada kita, jika ada program yang belum dikenal yang ingin menggunakan koneksi jaringan, apakah diizinkan atau tidak. Dengan menginstall software ini, berarti Anda dapat berinternet dengan aman dan tenang  tidak dibayangi ketakutan pencurian file-file atau terinfeksi virus.



Comments

Popular posts from this blog

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client