Mengoptimalkan Peforma Windows 7 dengan Windows 7 Manager

Sebagai pengguna komputer khususnya dengan sistem operasi Windows 7,  tentunya sering mengalami ketidakberesan dalam memakai komputer  tersebut. Sering juga kita mengeluh, mengapa komputer berjalan terasa lambat atau lemot.  Salah satu solusi yang sering dilakukan adalah dengan melakukan tweaking atau melakukan perubahan pada pengaturan-pengaturan Windows 7? Pertanyaan  selanjutnya adalah, di pengaturan mana saja yang harus diubah agar kinerja komputer dapat maksimal? Dengan tampilan menu dan fasilitas Windows 7 yang berbeda dari pendahulunya, tentu banyak kesulitan yang dihadapi. Bila sudah sering melakukan dan terbiasa, hal ini tidak menjadi masalah. Namun, bagi orang awam, hal ini tentu sangat sulit dilakukan dan sangat beresiko, karena jika dilakukan asal-asalan bisa mengakibatkan komputer tidak bisa berjalan/error.

Nah, untuk menanggulanginya, Yamicsoft, sebuah pengembang software di bidang tweaking manager menghadirkan sebuah software yang dinamakan Windows 7 Manager. Software ini berfungsi untuk membantu mengoptimalkan, men-tweak, dan memperbaiki  Windows 7, sehingga dapat meningkatkan kecepatan sistem, mengurangi kesalahan sistem, memperbaiki keamanan sistem. Dalam software ini , lebih dari 30 kumpulan utilitas yang terpaket menjadi satu, yang sangat berguna sekali dalam membantu mempercepat kinerja, menstabilkan dan menjaga keamanan dari sistem.

Anda bisa mendapatkan software ini (versi 2.1.1) namun dalam versi  trial selama 15 hari, di websitenya :  http://www.yamicsoft.com/windows7manager/ . Dan jika ingin mendapatkan secara full version, anda harus merogoh kocek sebesar $39.95 atau kurang lebih Rp 350.000. Pilih sesuai spesifikasi Windows 7 Anda, apakah 32bit atau 64bit. Ukuran filenya cukup kecil, hanya sekitar 7 MB-an.

Setelah Anda install dan dibuka, akan ditampilkan 7 menu utama yang menjadi fitur software ini. Antara lain adalah :  (1) Information berguna untuk mendapatkan detail dari sistem operasi, informasi hardware, informasi mengenai proses-proses yang sedang berjalan. OneClick Cleaner, untuk membersihkan sistem secara otomatis. Ada juga Optimise Wizard, yang menuntun Anda dalam mengoptimalkan kerja sistem yang terdiri dari 12 langkah. (2) Optimizer : berisi opsi untuk men-tweaking , seperti pengaturan untuk menonaktifkan beberapa service dan program yang tidak diperlukan dalam Service Manager, Startup Manager dan Task Scheduler. Melalui menu ini Anda dapat mengontrol program-program tertentu saja yang dijalankan saat startup, sehingga mempercepat booting. (3) Cleaner. Melalui menu ini Anda dapat mengetahui status free-space dari harddisk, yang ditampilkan dalam bentuk grafik. Smart Uninstaller yang berguna untuk meng-uninstall program dengan aman dan bersih, Junk File Cleaner untuk membersihkan file-file sampah, Duplicate File Finder untuk mencari file yang terduplikasi dengan nama dan ukuran yang sama, dan Registry Cleaner dan  Registry Defrag untuk memperbaiki Registry, dan Desktop Cleaner, untuk membersihkan ikon-ikon shortcut di desktop. (4) Customization. Bisa digunakan untuk mengatur Windows 7 sesuai pilihan Anda, seperti Explorer, Desktop, Start Menu, Taskbar dan Notification Area. Visual Customizer, untuk mengubah Thema, icon sistem, icon drive, icon file dan mengubah background saat booting. (5) Security. Untuk meningkatkan keamanan sistem dengan melakukan pengaturan login, mengatur System Restore, memberi batasan dalam mengakses drive dan program, serta pengaturan keamanan lainnya. (6) Network, bisa berfungsi untuk meningkatkan kecepatan internet, dan mengatur Internet Explorer dengan mudah. IP Switcher, untuk mengubah IP Addres dengan mudah di lokasi yang berbeda. (7) Misc Utilities. Di sini diberikan beberapa koleksi utilitas Windows,  File Splitter untuk memecah dan menggabungkan file, Super Copy, untuk membackup data komputer dengan mudah.

Setelah mengetahui fungsi-fungsi yang sangat menarik yang ditawarkan Windows 7 Manager ini, ada baiknya Anda mencoba software ini. Insya Alloh  kesulitan dalam melakukan tweaking, dan kustomisasi Windows 7 Anda dapat Anda atasi dengan mudah.

Comments

Popular posts from this blog

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client