KIDZUI, Browser Aman bagi Anak-Anak

Internet telah memberi kesempatan kepada anak  untuk mengeksplorasi kemampuannya dan menemukan sesuatu yang baru. Meskipun internet adalah sumber yang luar biasa, namun tidak menjamin sepenuhnya dunia internet aman bagi tumbuh kembangya. Bahkan walaupun niatannya baik, anak masih bisa tersandung dan menemukan sesuatu yang tidak patut dari internet. Oleh karena itu  banyak orang tua merasa dihantui rasa was-was akan dampak negative yang ditimbulkan internet. Rasa ingin tahu anak-anak yang tinggi akan hal-hal yang baru yang tidak diimbangi dengan  kurangnya kontrol  dari orang tua, menyebabkan internet sering disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak terpuji.


Salah satu tindakan nyata untuk mengurangi kekhawatiran itu adalah penggunaan aplikasi browser yang khusus didisain untuk anak-anak. Memang banyak software software dan add-ons browser yang menawarkan perlindungan dalam mengakses internet. Namun banyaknya pengaturan yang tentunya sangat rumit, seringkali malah merepotkan orang tua. Browser KIDZUI, merupakan jawaban dari berbagai masalah ini. Kidzui adalah sebuah browser internet (seperti juga IE, Mozilla Firefox, atau Opera) yang didesain khusus untuk anak berusia 3 – 12 tahun, yang tampil dengan tampilan grafis yang full color dan pasti menyenangkan sehingga anak-anak bisa browsing, bermain game online dengan aman. Software gratis dari The Internet for Kid Inc, ini mampu memberikan pembatasan akses internet dari situs-situs negative, dan justru mengarahkan anak untuk  mengunjungi situs-situs yang direkomendasikan bagi anak. Untuk pengaturan standar saja, penulis pernah mencoba membuka facebook.com, dan ternyata situs jejaring social ini diblok.


Anda penasaran..? Ada baiknya Anda untuk mencoba memakai software ini di rumah Anda. Di website resminya di http://www.kidzui.com/ anda bisa mendownloadnya gratis, dengan ukuran file yang cukup kecil, hanya sekitar 1,5 MB-an. Versi saat ini adalah versi 6.0. Install dan jalankan di computer Anda, dan jangan kaget jika setelah dijalankan tampilan software ini akan memenuhi layar computer Anda, gunakan kombinasi Alt+Tab untuk berpindah ke software lain, semisal jika Anda sambil mengetik dengan Word. Selain itu tidak ada address bar, namun hanya kotak pencarian, yang menampilkan hasil pencarian yang aman bagi anak-anak.


Beragam fasilitas ditawarkan oleh software ini, seperti game online, gambar-gambar, dan video-video lucu yang sesuai dan cocok bagi anak. Pemilihan konten dapat diatur sesuai dengan usia anak-anak. Satu keunggulan lainnya adalah orang tua atau guru dapat memantau aktivitas pemakaian internet dari anak, karena website yang dikunjungi anak, akan tercatat secara otomatis dalam database software ini. Software ini bisa dipasangi password, sehingga anak tidak bisa meng-uninstall software ini. Dan bagi orang tua yang memiliki anak lebih dari satu, aplikasi ini dapat digunakan secara bergantian dan menampilkan konten sesuai usia anak dengan akses ke aplikasi yang berbeda-beda.


Mudah dan aman, mungkin itulah yang kita rasakan setelah menggunakan software ini. Anak dapat mengakses internet yang sesuai dengan usianya tanpa ada perasaan khawatir dari orang tua.  Dengan menggunakan software ini pula, kita juga telah ikut mendukung dan mensukseskan program pemerintah, khususnya Kemenkominfo, yaitu Internet Sehat. Kita telah memulainya dari diri kita sendiri dan keluarga, tinggal bagaimana para aparatur pemerintah memberi contoh yang baik dalam ber-internet secara sehat.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client