Software Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) banyak dibutuhkan di dunia pendidikan, baik oleh guru maupun siswa. Kamus Besar Bahasa Indonesia ini sering digunakan sebagai rujukan dalam menentukan arti dan definisi suatu kata atau istilah. Nah repotnya buku KBBI karangan WJS. Poerwodarminto  ini sangatlah tidak nyaman untuk dibawa, seiring bentuk yang besar dan beratnya  minta ampun. Selain itu KBBI ini tidak semua orang memilikinya, hanya instansi-instansi atau sekolah yang menyediakan KBBI ini di perpustakaannya. Itupun mungkin tidak boleh dipinjam untuk dibawa pulang.

Nah seiring perkembangan teknologi informasi, kini telah hadir Sofware KBBI Offline. Software ini adalah buatan Mas Ebta Setiawan, seorang programmer <JOGJA or NO> yang cukup produktif, yang telah menghasilkan beberapa software berguna lainnya seperti Shollu (pengingat waktu sholat),  Kamus Inggis-Indonesia, Arabic Pad (Notepad untuk menulis huruf arab), dan lain-lainnya. Mengapa disebut KBBI offline? Hal ini dikarenakan software ini diadopsi dari KBBI versi online yang ada di website http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/. Software ini bersifat portabel, karena ukurannya yang sangat kecil (hanya sekitar 3 MB-an), dan bisa langsung dijalankan tanpa menginstallnya terlebih dahulu. Dan yang menggembirakan, untuk mendapatkannya, software ini dapat diperoleh dan disebarluaskan dengan gratis. Software ini dapat didownload di situs resmi Ebta Setiawan di http://ebsoft.web.id/ dengan meng-klik link di menu Download di kanan bawah dengan ukuran file 3,2 MB dalam bentuk file .zip. Versi yang saya gunakan adalah Versi 1.1.

Cara penggunaannya adalah setelah didownload, ekstrak file hasil download-an tadi di komputer Anda atau di flasdisk, dan akan dihasilkan 2 file, yaitu kbbi.exe dan data.dat.  File yang dijalankan adalah kbbi.exe, dan akan muncul tampilan utama program tersebut. Ketikkan kata yang ingin dicari dan tekan tombol Enter.  Arti yang ditampilkan sudah di format sedemikian rupa agar memudahkan pengguna membaca dan mencari definisi kata yang dimaksud. Dua kolom sebelah kiri merupakan hasil kata pencarian, dengan penjelasan. Kolom atas merupakan daftar kata yang merupakan kata dasar sedangkan kolom kedua merupakan hasil pencarian, tetapi tidak didapatkan pada kata dasar tetapi pada kata turunan atau majemuk . Bagian Kanan merupakan definisi kata yang ditampilkan dengan warna yang memberikan arti tertentu. Ada warna yang menunjukkan kata dasar, banyaknya arti, kata majemuknya, keterangan jenis kata, arti kata atau definisi,  contoh penggunaan kata dalam kalimat, serta contoh dalam peribahasa.

Singkat kata Software ini sangat penting dimiliki oleh guru atau siswa, karena mudah dalam penggunaannya karena sifatnya yang portabel dan ukurannya yang kecil dan gratis. Selain itu fasilitasnya yang diberikan cukup lengkap dan mumpuni.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client