Mengcopy Seluruh Isi Website dengan HTTrack Webcopier

Anda seorang yang suka berselancar di Internet untuk mencari artikel, atau materi kuliah? Mungkin kita akan menjumpai sebuah situs yang menarik dan sesuai dengan yang kita cari, dan kita ingin menyimpan seluruh artikelnya beserta gambar-gambarnya. Secara manual kita menyimpannya satu per satu, dengan File > Save As. Pasti jika halaman yang ingin disimpan banyak pasti membutuhkan waktu yang lama dan merepotkan. Apalagi jika Anda menggunakan jasa warnet, yang waktunya terbatas.


Cara tersebut di atas sangatlah tidak efektif, karena ada satu cara yang lebih simple dan mudah, yaitu dengan menggunakan software yang berguna untuk menyimpan seluruh isi website/blog sekaligus atau sering disebut web mirroring. Software yang kita butuhkan untuk ini adalah HTTrack Web Copier. Kita bias mendownloadnya secara gratis di website resmi software tersebut, yaitu di  : http://www.httrack.com/page/2/en/index.html . Di situ halaman tersebut tersedia juga versi portable, yang bisa dijalankan langsung lewat flasdisk. Ukuran filenya kurang lebih sekitar 4 MB. Versi saat tulisan ini dibuat adalah versi 3.44-1 yang di-release pada tanggal 28 Februari 2011 kemarin.


Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan menginstall software tersebut di computer atau flasdisk Anda. Lakukan instalasi dengan mengeksekusi file httrack.exe. Jika sukses proses penginstallan, maka langsung akan membuka software tersebut, dan akan menampilkan 2 buah jendela utama, sebelah kiri adalah panel navigasi yang fungsinya mirip Windows Explorer, dan sebelah kanan  adalah panel kerja utama.  Untuk memulai proses pengcopianya, Klik “Next”. Selanjutnya kita akan diminta mengisikan nama proyek, kategori proyek dan letak penyimpanan file website yang kita copy (default penyimpanan ada di C:\My Websites).  Klik “Next”, pada field Action pilih jenis operasi yang akan dilakukan, secara default akan terpilih “Download Web Sites”. Jika operasi yang akan kita jalankan merupakan operasi lanjutan dari proses download sebelumnya maka pilihlah “Continue interrupted download”. Isikan alamat url yang akan di-copi, sebagai contoh, ketikkan http://nur-akhwan.blogspot.com/ pada kotak isian Web Addres (URL). Kemudian klik “Next” lagi. Jika kita akan melakukan kustomisasi, klik ‘Set Option”, dan ada fitur filterisasi yang digunakan untuk menentukan dengan akurat bagian website mana saja yang ingin di-copy. Selesai proses filterisasi, selanjutnya klik “OK” dan “Next” dan terakhir Finish, dan otomatis proses pencopian website akan dimulai, dengan ditandai adanya progress bar pen-copyan.  Tunggu proses sampai selesai, lamanya proses ini tergantung dari besarnya konten yang terdapat didalam website yang ingin di copy. Bila proses download sudah selesai kita bisa mengakses hasil download, dengan klik “Browse mirrored website” atau melaui folder tempat penyimpanan hasil download.


Nah, sekarang kita sudah bisa melakukan offline browsing tanpa terbebani waktu dan biaya seperti di warnet. Rasakan browsing secepat kilatnya.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client