CMS Balitbang, Alternatif CMS bagi Sekolah

Melanjutkan artikel di KR tanggal 1 November 2010, tentang Website Sekolah, dimana untuk membangun sebuat website sekolah dapat memanfaatkan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan salah satu CMS yang khusus diperuntukkan bagi sekolah-sekolah. CMS tersebut sudah lama dikeluarkan, yaitu sejak tahun 2008 lalu, oleh Balitbang Departeman Pendidikan. Sampai saat ini versi terbarunya adalah versi 3.4. CMS tersebut tidak mempunyai nama khusus, seperti CMS pada umumnya, seperti Joomla, Wordpress, dll, namun orang banyak menyebutnya dengan CMS Balitbang. CMS ini dibangun dengan melibatkan para pakar IT, kepala sekolah, guru-guru dan pemerhati pendidikan di Indonesia. CMS ini sama seperti CMS pada umumnya, dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, Javascript, dan database MySQL. Keunggulan yang ditawarkan CMS ini antara lain : adanya fasilitas pendaftaran member bagi orang tua siswa, siswa, guru, bahkan alumni. Ada pula fasilitas update data member, dan interaksi member dengan Kepala Sekolah, guru, orang tua, siswa dan alumni. Ada juga fasilitas untuk konsultasi mengenai CMS ini yaitu milis di kajianweb_balitbang@yahoogroups.com atau forum di website http://kajianwebsite.org . Bagi sekolah yang menggunakan, CMS ini dapat difungsikan sebagai media publikasi sekolah, media pembelajaran, e-learning, dan lain sebagainya.

Fasilitas yang disediakan antara lain : berita sekolah, profil sekolah, data-data tentang guru, siswa, direktori alumni, member area, buku tamu, kontak kami, agenda, artikel, buku tamu, daftar link, pengumuman, galeri foto, dan yang tidak dilupakan publikasi bahan ajar, materi, silabus, dan kelengkapannya.

CMS Balitbang ini dapat diperoleh sekolah-sekolah yang ingin memanfaatkannya dengan gratis. Untuk mendapatkan versi terbarunya dapat didownload di http://www.kajianwebsite.org/ . Pilih link download di pojok kanan atas di bawah banner. Setelah didownload dapat diinstall langsung di web hosting berbayar atau gratis di Internet (online), ataupun dapat diuji coba lewat server local (offline) dengan memanfaatkan software tambahan XAMP, WAMP atau PHPThriad.

Dengan menggunakan cara yang pertama yaitu diinstall langsung di web hosting, tentunya harus mempunyai dulu web hosting. Web hosting adalah computer server tempat menaruh file-file CMS, sehingga dapat diakses di internet. Saat ini banyak penyedia jasa webhosting, baik di Indonesia maupun luar negeri, baik yang berbayar maupun yang gratis. Untuk mudahnya dapat dicari di Google dengan kata kunci “web hosting”. Selain hosting, hal lain yang perlu dipersiapkan yaitu domain name. Domain name sering disebut orang sebagai alamat website. Sebenarnya di web hosting sudah menyediakan nama domain, namun sulit untuk diingat. Nah dengan Domain Name ini alamat website dapat dipersingkat. Banyak penyedia domain name, baik luar negeri (.com, .net, .org, dll) maupun Indonesia (.co.id, .sch.id, .web.id), baik yang gratis maupun yang berbayar. Untuk sekolah-sekolah, saat ini domain yang paling popular adalah .sch.id. Untuk penjelasan lebih lanjut dapat mengunjungi blog saya di http://akhwan90.blogspot.com/.

Comments

Popular posts from this blog

Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON

Langkah-langkah install aplikasi ujian online berbasis web

Cara setting aplikasi ujian online di jaringan untuk banyak komputer client